Tips Untuk Memilih dan Membeli Laptop yang Bagus Sesuai Kebutuhan!

Untuk meningkatkan performa bekerja setiap hari, keberadaan laptop saat ini menjadi salah satu teknologi yang sangat efisien karena bisa digunakan kapanpun dan dimanapun. Bisa dibilang laptop itu sekarang adalah salah satu alat yan sangat esensial,hal ini seringkali membuat banyak orag kebingungan untuk memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan karena memiliki banyak merk, jenis, hingga spesifikasi yang berbeda-beda.

Lalu, bagaimanakah cara untuk memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing? Berikut akan diberikan beberapa tips yang bisa dipakai saat para pembaca ingin memilih dan membeli laptop:

  • Pilih Brand yang Terkenal dan Banyak Dipakai

Kebanyakkan, laptop yang dirilis oleh merk yang terkenal sangat sesuai dengan kualitas yang diberikan. Sampai sekarang, menurut penulis brand laptop terbaik masih dipegang oleh produk Apple, yaitu Macbook, Banyak sekali orang yang public figure, para profesional, dan pekerja di bidang kreatif yang menggunakan produk Macbook untuk membantu mereka bekerja.

  • Memperhatikan Sistem Operasi

Sampai saat ini, ada 2 pilihan sistem operasi yang ada di laptop dengan masing-masing karakteristiknya sendiri, ke 2 sistem yang paling banyak dipakai ini adalah Windows dan Mac OS yang dikhususkan hanya untuk produk Macbook.

Kebanyakkan pengguna tidak terlalu memperdulikan sistem operasi pada laptop, padahal hal ini sangat penting. para pengguna merasa selama laptop telah berfungsi dan berjalan dengan baik, hal ini tidak akan menjadi masalah.

Memilih sistem operasi ini sebenarnya tergantung dari preferensi masing-masing pengguna. akan tetapi harus ada pengetahuan yang cukup agar pilihan sistem operasi sesuai dengan kebutuhan dan tidak menjadi permasalahan nantinya.

Sistem operasi Windows ini menawarkan cara kerja yang fleksibel dan biasanya sangat mudah untuk dioperasikan semua kalangan. Selain itu, sistem operasi windows ini juga menyediakan fitur yang jumlahnya sangat banyak.

Untuk sistem operasi MacOS sendiri menawarkan tampilan dan fungsi yang bisa dibilang mitip dengan sistem operasi Windows 10. Jika MacOS ini digunakan untuk produk Apple, tentu saja MacOS ini lebih handal dan sangat mudah untuk dihubungkan ke berbagai produk buatan Apple lainnya.

  • Melihat Kapasitas Memori RAM

Zaman sekarang, banyak sekali laptop yang digunakan untuk multitasking. Biasanya, laptop idealnya memiliki minimal memori RAM sebesar 8GB. Untuk pengguna yang sehari-hari nya menggunakan laptop untuk gaming dan desain, memori 8GB ini menjadi pilihan yang paling mendasar.

Jika memilih RAM dengan kapasitas yang tidak tepat atau terlalu rendah, bisa membuat pengguna merasa kesulitan tersendiri. 

  • Melihat Kapasitas Baterai

Jika pengguna sering menggunakan laptop untuk berbagai kegiatan berpindah-pindah tempat seperi, dinas keluar kota, meeting, atau aktivitas lainnya, disarankan untuk memlih laptop yang memiliki kapasitas besar dan mampu bertahan sampai 8 jam.

Untuk mencari tahu kapasitas baterai, para pembaca bisa mencari tahu dari Wh (Watt-hour) dan mAh (milliAmp-hour), semakin besar angka yang ada, maka makin besar juga daya tahan baterai dan akan tahan lama. Contohnya kapasitas baterai 42Wh ataupun 50Wh.

  • Memahami Spesifikasi dari CPU

Poin selanjutnya yang harus dipahami saat memilih laptop adalah spesifikasi CPU (Central Processing Unit) dari laptop tersebut. Beberapa hal ini bisa dijadikan dasar dalam pemilihan CPU yang paling cocok:

    - CPU yang memiliki generasi terbaru pasti menawarkan kualitas yang lebih baik dari generasi                  sebelumnya.

    - CPU yang memiliki kualitas terbaik pastinya memiliki spesikasi yang paling tinggi.

    - Untuk kebutuhan gaming atau desain grafis, penulis menyarankan untuk memilih minimal CPU              dengan Intel Core 5 atau AMD Ryzen 5 atau diatasnya.

Hal ini perlu diperhatikan karena CPU mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk performa laptop secara keseluruhan. Oleh karena itu, para pembaca harus mengerti spesifikasi laptop yang ingin dibeli agar bisa mengetahui apakah laptop tersebut sesuai dengan kebutuhan.
  • Mengecek Jumlah Port yang Disediakan

Jumlah port yang dimiliki laptop tentu saja memiliki peran yang penting untuk pengguna yang membutuhkan multitasking, fungsi dari port ini sendiri adalah membantu pengguna untuk memudahkan proses pemindahan data lewat perangkat USB seperti Flashdisk, mouse, keyboard, Microfon eksternal, headset, hardisk eksternal, dll.

Jika jumlah port yang dimiliki laptop sedikit, bisa diperkirakan sesulit apa pengguna saat ingin menggunakan banyak sekali perangkat USB bersamaan. Pada momen tertentu, tentu saja pengguna tidak bisa menggunakan perangkat USB ini secara bergantian, jadi pra pengguna disarankan untuk memastikan terlebih dahulu jumlah port yang disediakan oleh laptop, apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak, pastikan juga para pengguna memilih jenis port 3.0 karena memiliki kecepatan transfer daya yang jauh lebih cepat dibanding port 2.0.

  • Memilih Ukuran Terbaik untuk Memastikan Kenyamanan

Laptop memiliki ukuran yang sangat banyak, mulai dari 11 inch hingga 17inch. Para pengguna bisa memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan, biasanya untuk kebutuhan pekerja kantoran yang enteng, ukuran kecil tidak menjadi permasalahan. Sedangkan untuk pekerja yang bekerja di bidang kreatif, ukuran besar menjadi pilihan utama karena jauh lebih nyaman.

  • Memperhatikan Kualitas Touchpad dan Keyboard

Jika menggunakan laptop merupakan aktivitas sehari-hari, tentu saja para pengguna akan berinteraksi langsung dengan touchpad dan keyboard. kedua hal ini harus diperhatikan karena jika kedua hal ini tidak memberikan sensivitas dan kenyamanan yang kurang baik, para pengguna akan merasa cepat lelah dan tidak merasa produktif dalam melakukan aktivitas.

  • Menyesuaikan dengan Budget yang Disediakan

Setiap pengguna tentu saja ingin mempunyai laptop dengan spesifikasi dan kualitas terbaik, akan tetapi masalahnya kembali kepada budget yang disediakan. Jika spesifikasi dari laptop yang diingkan sudah masuk ke dalam kriteria dan tidak melebihi budget seharusnya tidak memiliki masalah.

Jika pembaca memiliki budget lebih. memutuskan untuk memilih laptop dengan brand terkenal yang memiliki spesifikasi yang sangat tinggi sangat direkomendasikan, contohnya seperti produk Apple Macbook Pro.

Nah, inilah beberapa tips dari penulis mengenai hal yang harus diperhatikan yang bisa dijadikan referensi sebelum membeli perangkat laptop.
penulis menulis artikel ini dengan harapan para pembaca bisa dengan bijak dan memiliki pengetahuan yang bisa membantu para pembaca untuk memilih laptop yang terbaik dan paling tepat.

Bagaimana tanggapan para pembaca mengenai hal ini? silahkan berikan tanggapan kalian dikolom komentar di bawah ya!

Komentar

Postingan Populer