Nintendo Switch Resmi Menjadi Console Terlaku Nomor 3 di Sejarah Dunia Konsol!

Nintendo Switch Berhasil membalap penjualan produk Sony Playstation 5 dan produk Microsoft Xbox Series X/S dan menjadi konsol terlaku di tahun 2022 di Amerika Serikat!Sumber ini berdasarkan dari laporan keuangan nintendo pada kuartal ketiga, dimana Nintendo Switch tleh terjual sebanyak 122,5 juta unit, dan mengalahan penjualan Playstation 4 dan Game Boy. Hal ini juga membuat Nintendo Switch menjadi konsol terlaris nomor 3 sepanjang sejarah dunia konsol, berada tepat di belakang Nintendo DS yang terjaul sebanyak 154.02 juta unit, dan nomor 1 nya adalah Playstation 2 dengan jumlah penjualan sebesar 159 juta unit.

Nintendo Switch awal nya dirilis pada tahun 2017, menawarkan beberapa pilihan dari first dan third-person game, termausk beberapa game dengan tema indie. Hampir semua game yang disediakan Nintendo Switch bisa langsung di beli di Nintendo E-Shop dan bisa langsung di download di konsol Nintendo Switch ini. 

Menurut penulis, faktor yang paling mempengaruhi angka penjualan konsol Nintendo Switch ini adalah mobilitas dan ke efisienan dari konsol ini. Permainan yang disediakan, dan juga animasi dari game yang disediakan juga menjadi salah satu faktor kunci kenapa konsol ini sangat laku terjual.

Peringkat ini berasa dari Mat Piscatella selaku Executive Director & Video Game Industry Analyst dari NPD Group. Perusahaan NPD Group ini adalah sebuah perusahaan yang meriset trend di pasaran dunia konsol dan video game yang telah berdiri sejak tahun 1995 lalu. Data dari NPD untuk tahun 2022 menunjukkan bahwa konsumen telah menghabiskan sekita USD 56.6 juta untuk hardware dan software video game, menunjukkan adanya penurunan sebesar 5% dari tahun 2021. NPD Group menyimpulkan data tersebut menunjukkan bahwa trend akan naik kembali di tahun 2023, karena di tahun ini terjadi keterbatasan supply akibat pandemi Covid-19.

Nintendo Switch in isendiri telah menjadi pemimpin di peringkat konsol yang terjual paling banyak setiap tahunnya sejak pertama kali dirilis pada tahun 2017. Nintendo Switch tidak hanya menjadi konsol terlaku di tahun 2022 saja, akan tetapi telah menjadi konsol terlaku terutama di tahun Desember 2022 saat para konsumen berbelanja untuk musim liburan. Peringkat di Bulan Desember 2022 dipimpin oleh Nintendo Switch, diikuti dengan Sony Playstation 5 di peringkat kedua, dan Microsoft Xbox Series X/S di peringkat ketiga.

Alasan lain yang juga membuat konsol Nintendo Switch ini bisa menjadi konsol terlaku adalah karena harganya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dnegan konsol dari Sony dan Microsoft yang relatif lebih mahal. Jika peringkat dilihat berdasarkan uang yang didapatkan, maka produk Sony Playstation 5 akan mendapatkan peringkat yang pertama. Alasannya adalah karena harga dari konsol Nintendo Switch ini hanya sekitar USD 300 saja, sedangkan untuk Playstation 5 sekitar USD 500. NPD Group tidak mengeluarkan angka yang spesifik, hanya peringkat nya saja.

Untuk peringkat Game yang Terbanyak Terjual dipegang oleh Call of Duty: Modern Warfare 2 di peringkat pertama, yang berhasil membalap permainan game lainnya yang masuk dalam nominasi ini seperti Elden Ring, God od War Ragnarok, dan Madden NFL 23.

Salah satu faktor yang diiperhatikan oleh NPD Group untuk industri video game di tahun 2023 adalah akan keluarnya banyak judul game yang banyak di tunggu oleh para konsumen, contohnya seperti The Legend of Zelda : Tears of the Kingdom, dan Marvel's Spider-Man 2.

Tentunya penulis sangat antusias dan terkejut dengan hal ini, tapi juga tidak heran karena Nintendo Swtich memang sangat layak untuk dibeli. bagaiamana tanggapan para pembaca? silahkan berikan tanggapan di kolom komentar di bawah.

Komentar

Postingan Populer