Cara untuk Menjaga Keawetan Daya Baterai Ponsel, Bisa Awet Seharian!

 

Para pengguna ponsel seringkali merasa bahwa baterai ponsel mereka cepat habis, padahal ada berbagai cara supaya baterai ponsel tidak cepat habis. Contohnya seperti para pengguna bisa mengaktifkan mode pesawat (Airplane Mode), dan menutup aplikasi yang tidak digunakan.

Faktanya, baterai ponsel dikatakan cepat habis atau tidak itu bisa dikatakan relatif, tergantung dari penggunaannya. Karena ada banyak hal yang mempengaruhi performa kinerja ponsel yang membuat baterai HP cepat habis.

Contohnya itu ponsel biasanya cepat menghabiskan baterai ketika digunakan untuk membuka banyak aplikasi, apalagi aplikasi yang dibuka sangat banyak dan dipakai di waktu yang bersamaan. Begitupun juga dengan waktu membuka aplikasi yang dipakai bersamaan tersebut, semakin lama aplikasi dibuka tapi tidak digunakan dan tetap terbuka di belakang.

Bukan hanya itu, ada faktor-faktor eksternal seperti kualitas adaptor charger hingga suhu ruangan pun juga sangat berdampak terhadap tingkat pemakaian baterai ponsel. Akan tetapi, para pengguna ponsel tidak perlu merasa khawatir karena ada banyak cara untuk menghemat baterai ponsel supaya tidak perlu melakukan charger ponsel terus menerus.

Berikut ini cara-cara yang direkomendasikan untuk menjaga ketahanan daya baterai ponsel yang diambil dari berbagai sumber:

  • Mengurangi Kecerahan Layar Ponsel

Tingkat kecerahan layar sangat mempengaruhi penggunaan baterai ponsel. Semakin cerah layar ponsel, semakin banynak juga daya baterai ponsel yang terpakai. Akankah lebih baik jika para pengguna ponsel mengatur tingkat kecerahan layar ponselnya. Alternatif lain, para pengguna ponsel bisa mengatur tingkat  kecerahan layar secara otomatis. Contohnya seperti saat masuk ke dalam ruangan, tingkat kecerahan akan berkurang dengan sendirinya, dan akan meningkat dengan sendirinya saat ponsel digunakan diluar ruangan.

  • Batasi Aplikasi yang Menyedot Baterai Ponsel

Cara lain supaya baterai ponsel menjadi hemat adalah dengan membatasi aplikasi yang mengambil baterai dengan jumlah yang tinggi. Contohnya seperti aplikasi game, streaming, dan sebagainya.

  • Jaga Suhu Ponsel

Akankah lebih baik jika anda memakai ponsel di ruangan sdengan suhu yang normal atau dingin. Alasannya adalah penggunaan ponsel di ruangan yang suhu nya panas bisa mengambil daya baterai ponsel yang lebih banyak. Dalam jangka panjang, hal ini bisa merusak kualitas baterai.

  • Gunakan Adaptor Charger Asli

Cara selanjutnya untuk menghemat daya baterai ponsel adalah menggunakan adaptor charger ponsel asli (bawaan dari ponsel), alasannya karena adaptor lain yang tidak sesuai bisa menyebabkan pengisian daya baterai ponsel menjadi lebih lambat, dan juga penggunaan adaptor charger yang tidak sesuai juga bisa merusak performa kinerja ponsel dalam jangka panjang.

  • Menjaga Persentase Baterai Ponsel

Cara lain untuk menjaga supaya baterai ponsel tidak cepat habis yang tidak kalah pentingnya juga adalah menjaga persentase baterai ponsel. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengisi daya baterai ponsel jika indikator persentase baterai sudah menunjukkan dibawah 30%.

Usahakan untuk mengisi daya persentase baterai ponsel sebelum mencapai 20%, dan juga jangan mengecas baterai ponsel semalaman karena bisa merusak kualitas dari baterai ponsel itu sendiri.

  • Mematikan Getaran atau Suara dari Keyboard Ponsel
Cara lain yang bisa memperpanjang daya tahan baterai ponsel lebih lama adalah dengan mematikan model getar dan suara pada keyboard ponsel. Mode ini biasa nya akan aktif jika anda mengetik sesuatu, entah di aplikasi chat, dan lain lain yang menggunakan keyboard.

  • Menyalakan Mode Pesawat (Airplane Mode) dari Ponsel
Fitur mode pesawat (Airplane Mode) ini bisa diaktifkan ketika pengguna ponsel harus menghemat baterai ponsel. Saat mode ini aktif, maka data seluler ponsel tidak akan aktif selama mode ini dinyalakan.

Ketika pengguna ponsel membutuhkan koneksi internet, pengguna ponsel bisa menonaktfikan mode ini atau menyalakan WiFi, ponsel  bisa digunakan seperti normal kembali.

Nah, berikut beberapa cara untuk menjaga daya baterai ponsel kesayangan para pembaca. Bagaimana tanggapan anda? silahkan berikan tanggapan di kolom komentar yang disediakan ya!

Komentar

Postingan Populer